Pengertian Agama

Pengertian Agama

Kata “Agama” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “Tradisi”. Sementara itu kata lain dari agama ialah religi yang mana berasal dari bahasa latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti “mengikat kembali”. Maksudnya dari religi itu sendiri ialah seseorang yang mengikat dairinya dengan Tuhannya.




Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan yang Maha Kuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

 




Definisi tentang agama dipilih yang sederhana dan meliputi yang mana memiliki arti tidak terlalu sempit ataupun longgar akan tetapi dapat dikenakan kepada agama- agama yang selama ini dikenal melalui penyebutan nama-nama agama itu. Maka dari itu, agama-agama yang selama ini dikenal perlu dicari titik perbedaan dan persamaannya.

Manusia memiliki kemampuan yang terbatas, kesadaran dan pengakuan akan keterbatasannya menjadikan keyakinan terhadap sesuatu yang luar biasa. Sesuatu yang luar biasa tersebut tentu berasal dari sumber yang luar biasa pula. Sumber yang luar biasa tersebut ada berbagai sesuai dengan bahasa manusia itu sendiri, misalnya Tuhan, Dewa, God, Syang-ti dan yang lainnya, atau juga bisa hanya menyebutkan sifatnya saja misalnya Yang Maha Kuasa, Ingkang Murbeng Dumadi, De Weldadige, dan sebagainya.



Keyakinan inilah yang menghantarkan manusia untuk mendekatkan diri kepada Tuhannya dengan cara menghambakan diri. Contoh menghambakan diri seperti:
– Menerima segala kepastian yang menimpa diri atau keluarga dan yakinlah itu semua berasal dari Tuhan yang tentu ada makna dibalik itu semua.
– Mematuhi aturan, menaati ketetapan, dan menaati hukum yang berasal dari Tuhan.

Dari ulasan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa Agama itu ialah proses penghambaan manusia kepada Tuhannya. Sementara itu, di dalam Agama sendiri terdapat 3 unsur yaitu manusia, pemhambaan, dan Tuhan. Jika ajaran atau suatu paham mengandung 3 unsur tersebut maka bisa dipastikan itu disebut sebagai Agama.






Info Seputar : Pengertian Agama