Pengertian Analisis Data

Analisis Data ialah sebuah pekerjaan yang membutuhkan ke ahlian khusus untuk mengelola data menjadi informasi supaya karakteristik suatu data mudah untuk dipahami dan bermanfaat untuk memecahkan permasalahan terutama hal-hal yang berkaitan dengan penelitian.

Menganalisi data sangatlah penting dilakukan guna mendapatkan hasil dan interprtasi yang sempurna atau tidak terjadi kesalahan saat menganalisis data. Analisis data juga bisa diartikan sebagai suatu kegiatan yang mengubah hasil penelitian menjadi sebuah informasi yang nantinya akan digunakan untuk mengambil kesimpulan.

Tentu data-data yang telah dikumpulkan akan menjadi tidak berguna jika tidak menganalisisnya terlebih dahulu. Tujuan melakukan analisis data tidak lain untuk membuat sebuah kesimpulan mengenai karakteristik populasi berdasarkan data yang telah didapat dari hasil sampel, dan umumnya dibuat berdasarkan pengujian dan pendugaan hipotesis.

Pengertian Analisis Data

Langkah – Langkah Menganalisis Data

1. Tahap Pengumpulan data : Mengumpulkan data yang akan dianalisis
2. Tahap Editing : Memeriksa kelengkapan mengenai pengisian instrumen pengumpulan data
3. Tahap Koding : Melakukan proses klarifikasi dan proses identifikasi dari setiap pernyataan yang terdapat dalam instrumen pengumpulan data berdasarkan variabel yang baru diteliti.
4. Tahap Tabulasi : Mencatat ke dalam tabel-tabel induk penelitian.
5. Tahap Pengujian : Tahapan yang kelima ini nantinya data-data akan diuji kualitasnya, yakni menguji validitas ataupun realibitas instrumen dari pengumpulan data.
6. Tahap Mendiskripsikan Data : Menyajikan data dalam bentuk tabel ataupun diagram dalam berbagai macam ukuran dispersi maupun dalam ukuran tendensi sentral. Hal ini lakukan agar memahami karakteristik data sampel dari penelitian.
7. Tahap Pengujian Hipotesis : Tahapan yang terakhir ini kita akan melakukan pengujian terhadap proposi apakah diterima atau ditolak serta apakah memiliki makna atau tidak. Nantinya, keputusan akan dibuat atas dasar hipotesis ini.

Jenis-Jenis Analisis Data Dalam Penelitian

Teknik analisis data terbagi menjadi 2 bagian yaitu teknik inferensial dan teknik deskripsi.

1. Teknik Inferensial

Teknik Inferensial ialah suatu statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara membuat kesimpulan. Teknik ini menggunakan rumus statistik tertentu, kemudian hasil perhitungannya akan menjadi dasar dari pembuatan generalisasi yang berasal dari sumber bagi populasi.

2. Teknik Deskriptif

Teknik Deskriptif digunakan untk menganalisis data dengan cara menggambarkan atau mendeskripsikan data-data yang telah dikumpulkan seadanya tanpa bermaksud membuat generalisasi dari hasil penelitian. Teknik Deskriptif ini meliputi penyajian data kedalam bentuk grafik, tabel, presentase, frekwensi,diagram, grafik, mean, modus, dan sebagainya.

Dengan demikian statistik inferensial sangat berguna untuk penelitian sampel yang mana mengeneralisasikan hasil dari penelitian sampel untuk populasi.

Sekian artikel mengenai pengertian analisis data, semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda.

Info Berkaitan Dengan : Pengertian Analisis Data