Pengertian Akuntansi

Akutansi adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan hal pengidentifikasian, pengukuran, pengklarifikasian dan pengikthtisaran dari sebuah transaksi ekonomi yang dapat menghasilkan data kuantitatif terutama bersifat keuangan dan dipergunakan juga untuk mengambil sebuah keputusan.

Pengertian Akuntansi




Sedangkan pengertian akutansi berdasarkan para ahli meliputi:

– American Institute of Certified Public Accountant : Akutansi ialah suatu bentuk seni mencatat, mengikhtisarkan dengan mengelola proses tertentu baik itu dalam ukuran moneter dan traksaksi ataupun kejadian-kejadian yang bersifat keuangan sekaligus menafsirkan hasil-hasilnya.
– Abu Bakar A dan Wibowo : Akutansi ialah suatu proses mencatat, mengkomunikasikan, dan mengidentifikasi seluruh traksaksi ekonomi dari perusahaan ataupun dari substansi.
– Kieso dan Weygandt : Akutansi ialah suatu sistem informasi yang bertugas untuk melakukan pencatatan, mengidentifikasi, serta mengkomunikasikan segala kejadian ekonomi dari suatu organisasi ke pihak yang memiliki kepentingan.




Dengan beberapa pengertian akutansi diatas, kita bisa menyimpulkan bahwasanya aktivitas utama dalam akutansi terdiri dari tiga bagian yaitu aktivitas mengidentifikasi, aktifitas mencatat, dan aktifitas kemunikasi.

Definisi Akutansi

Sementara itu, definisi Akutansi dibedakan menjadi dua macam yaitu definisi akuntansi dari sudut proses kegiatan dan dari sudut pemakaian.



– Definisi akuntansi dari sudut proses ialah suatu proses pelaporan, pencatatan, pengklasifikasian, penggolongan ataupun penganalisaan data keuangan suatu organisasi atau entitas.
– Definisi akuntansi dari sudut pemakai ialah suatu bentuk disiplin ilmu yang menyediakan informasi yang diperlukan dalam hal pelaksanaan dan pengevaluasian kegiatan ekonomi secara efektif.

Fungsi Akutansi

Fungsi utama akutansi ialah sebagai media informasi keuangan dari suatu organisasi. Informasi yang diberikan berupa data kuantitatif dengan satuan ukuran uang yang mana sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah keputusan di aktifitas berikutnya.



Akutansi dapat dijadikan sebagai media untuk mebahas suatu persoalan di dalam organisasi ataupun perusahaan. Selain itu, akutansi dibedakan menjadi 2 macam informasi yang diberikan. Pertama tentang nilai perusahaan dan yang kedua tentang informasi untung dan rugi dari sebuah perusahaan. Kedua informasi ini memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Sebagai pondasi untuk menghitung pajak
2. Sebagai pondasi untuk memutuskan kebijakan yang akan dilaksanakan
3. Untuk mengetahui perkembangan dari sebuah perusahaan
4. Untuk mengetahui besarnya modal yang dimiliki dari sebuah perusahaan
5. Untuk dapat menarik minat investor saham bila perusahaan telah menjadi perseroan terbatas
6. Untuk menjelaskan kondisi dari sebuah perusahaan ketika membutuhkan kredit dari bank atapun pihak yang lainnya.

Bidang – Bidang Akuntansi

– Akuntansi keuangan
– Pemeriksaan akuntansi atau auditing
– Akuntansi manajemen
– Akuntansi perpajakan
– Akuntansi budgester
– Akuntansi untuk organisasi nirlaba
– Akuntansi biaya
– Sistem akuntansi
– Akuntansi sosial

Akuntansi Sebagai Sistem

Berikut ini terdapat beberapa konsep akutansi dasar dari sebuah sistem seperti:

– Kesatuan usaha
– Perusahaan berjalan
– Periode akuntansi
– Satuan uang
– Harta perolehan
– Aspek ganda
– Konsep akrual

Demikianlah artikel mengenai pengertian akutansi beserta definisi, fungsi, dan bidangnya. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda.




Info Seputar : Pengertian Akuntansi