Pengertian Access Point

DI era yang serba modern ini, tentu kita tidak bisa lepas dari yang mananya dunia internet. Hal ini karena internet sangat dibutuhkan untuk memudahkan kita melakukan pekerjaan, belajar, mencari informasi, berkomunikasi, saling menukar data, dan sebagainya. Untuk mengakses berbagai informasi atau tugas pekerjaan tersebut, tentu kita membutuhkan jaringan internet.

Di dalam dunia internet itu sendiri, peran akses point menjadi hal yang sangat diperlukan bila kita ingin mengakses internet tanpa menggunakan kabel internet atau bisa disebut sebagai jaringan WIFI. Umumnya tiap radio internet yang kita miliki, menggunakan menu dengan sistem access point. Lastas apa sih yang dimaksud dengan Access point itu?




Pengertian Access Point

Pengertian Access Point

Access Point merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa wireless klien komputer atau perangkat jaringan yang tergabung di dalam sebuah jaringan yang sama. Dengan demikian, andapun akan semakin mudah untuk terhubung ke jaringan kabel secara wireless.




Fungsi Access Point

– Sebagai pengatur lalu lintas data sehingga antara Client yang satu dengan client yang lainnya saling terhubung melalui network (jaringan)
– Bisa mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
– Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
– Dapat mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
– Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel

Bila anda mempunyai sebuah alat radio wireless, maka anda bisa menyetingnya dengan menggunakan mode access point. Namun perlu diingat, settingan access point untuk setiap radio berbeda-beda, baik itu radio TP LINK, UBNT, Mikrotik, dan radio lainnya.



Cara Setting Access Point

Dibawah ini terdapat cara bagaimana menyeting access point dengan mudah dan simple, khususnya bagi para pemula. Nah untuk para pemula, sebaiknya menggunakanlah radio TPLINK 5110g. Langkah-langkah meliputi:

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah mengetahui terlebih dahulu ip, username, dan password dari access point tersebut.



2. Perlu diingat, sebelum anda memanggil radio TPLINK tersebut, anda harus sudah mengganti IP addressnya ke 192.168.1.12 (Angka 12 yang terakhir tersebut, bisa anda ganti sesuai keinginan anda asalkan jangan 254)

3. Buka browser Mozila atau Google chrome dan masukanlah alamat 192.168.1.254 untuk memanggil radionya

4. Bila anda sudah masuk, maka akan muncul menu login berupa user dan password. Isikanlah user dan password tersebut.

5. Jika sudah, maka anda akan masuk ke menu awal dari TPLINK. Lalu pilihlah mode Wireless pada menu TPLINK tersebut.

Pengertian Access Point

6. Langkah selanjutnya pilihlah menu wireless mode dan pilih menu access point. Kemudian klik simpan.

Pengertian Access Point

7. Jika sudah, maka wifi di laptop anda akan mencari sinyal wifi dari TPLINK yang telah anda setting sebelumnya.

Demikianlah pengertian dari access point beserta fungsinya. Semoga artikel diatas bisa menambah wawasan anda dalam medalami radio wireless. Selamat mencoba!




Info Seputar : Pengertian Access Point