Mengelola Keuangan Keluarga Yang Baik dan Bijak

Mengelola keungan keluarga yang baik dan bijak – Persoalan keuangan kerap menjadi masalah yang lazim pada setiap pasangan suami istri. Terlebih lagi pada pasangan muda yang baru membangun biduk rumah tangga. Dibutuhkan kecakapan dalam mengelola keungan keluarga yang baik dan bijak sehingga tidak menimbulkan persoalan baru yang lebih rumit.

Sebenarnya permasalahannya bukan pada penghasilan yang pas-pasan atau kurang. Tapi bagaimana mengelola keuangan keluarga yang baik dan bijak sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan nafsu. Dalam mengelola keuangan keluarga dibutuhkan kecermatan, mana kebutuhan dan mana yang bukan. Mana kebutuhan yang penting dan mana kebutuhan yang kurang penting.

Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan agar dapat mengelola keuangan keluarga yang baik dan bijak.

1. Buatlah rencana keuangan keluarga
Hal pertama yang harus anda lakukan agar dapat mengelola keuangan keluarga yang baik adalah ketahui secara pasti berapa pendapatan total keluarga anda tiap bulan. berapa gaji bulanan keluarga anda, berapa penghasilan tambahan keluarga anda dan berapa jumlah tabungan yang anda dan keluarga miliki. Kemudian buat daftar rencana yang seuai dengan pendapatan dan konidsi keuangan anda dan keluarga. Misalnya bayar listrik, telepon, air PDAM, biaya sekolah anak, biaya rekreasi, biaya cicilan rumah jika masih nyicil, biaya cicilan kendaraan dan lain-lain. Buatlah Rencana keuangan keluarga anda secara bijak. Jangan memaksakan kredit mobil kalau memang tidak akan mampu bayar cicilannya. Buatlah daftar pengeluaran dengan urutan prioritas. Misalnya dengan klasifikasi sangat butuh dan penting, butuh tetapi tidak penting, tidak butuh tapi ingin.

2. Ajaklah keluarga Anda untuk menabung
Apapun profesi dan pekerjaan anda, apakah anda orang yang gajian atau wiraswasta, ada baiknya untuk menabung. Masukan kegiatan menabung dalam agenda rencana keuangan keluarga anda. Karena dengan menabung keuangan anda dan keluarga akan lebih baik.

3. Katakan tidak untuk hutang
Agar anda dapat mengelola keungan keluarga yang baik, sebaiknya bijaklah dalam berhutang. Jika memang dirasa tidak terlalu penting dan butuh janganlah anda berhutang. Kecuali untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang sangat penting. Intinya jangan berhutang kalau hanya untuk memenuhi keinginan anda dan keluarga.
Anda harus pandai-pandai dalam memilah dan memilih antara kebutuhan dan keinginan. Sehingga anda akan terbebas dari tumpukan hutang yang membebani.

4. Pilihlah investasi yang paling sesuai
Selain menabung anda juga sebaiknya berinvestasi. Dalam jangka panjang investasi akan sangat membantu anda dalam mengelola keuangan keluarga yang baik. Anda tidak bisa hanya mengandalkan tabungan untuk menggapai mimpi keluarga anda yang tinggi. Memang tidak semua orang faham dan berani berivestasi. Yang anda harus lakukan jika kurang faham adalah konsultasi pada ahlinya. Anda akan mendapatkan gambaran investasi apa yang cocok untuk anda dan keluarga.

5. Susun tujuan keuangan keluarga
Hal lain yang tiak kalah pentingnya dalam mengelola keuangan keluarga yang baik adalah dengan menetapkan tujuan dan mimpi keuangan keluarga anda yang masuk akal dan terukur. Ajaklah pasangan anda berdiskusi untuk menetapkan tujuan jangka panjang keuangan keluarga anda. Tentukan tujuan secara terperinci dan jelas serta dalam jangka waktu yang terukur. Hal ini perlu dilakukan agar lebih konsisten dan fokus dalam merancang keuangan.

Itulah beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam mengelola keuangan keluarga yang baik dan bijak. Mari kita atur keuangan keluarga kita dengan bijak agar ekonomi keluarga kita menjadi lebih baik.

Demikian artikel tentang mengelola keuangan keluarga yang baik yang dapat kami uraikan semoga bermanfaat dan memberikan pencerahan dan solusi dalam mengelola keuangan keluarga anda.

Info Berkaitan Dengan : Mengelola Keuangan Keluarga Yang Baik dan Bijak

mengelola keuangan keluarga yang baik, apakah yang bisa anda lakukan agar anda memenuhi kebutuhan secara bijak,efek samping mencuci muka dengan air hangat