Bahaya Kotoran Cicak, kita harus waspada

Mungkin tidak banyak yang aware terhadap bahaya kotoran cicak di sekitar kita karena menganggapnya hal sepele dan sudah biasa. Cicak memang binatang yang telah akrab terutama bagi para ibu di rumah. Akrab dalam hal ini tentu saja bukan berarti sebagaimana binatang kesayangan seperrti kucing, namun akrab karena meskipun kedatangannya tidak diinginkan, namun cicak pasti menjadi salah satu binatang penghuni rumah kita.

 Bahaya kotoran cicak sering kali tidak disadari karena kehadirannya yang biasa. Paling jauh kita merasa terganggu jika kotorannya jatuh di lantai atau dinding yang menimbulkan bercak dan cukup merepotkan untuk dibersihkan. Namun tidak banyak yang mengetahui seberapa bahayanya jika kotoran ini jatuh kepada makanan anggota keluarga, apalagi anak yang daya tahan tubuhnya masih lemah. Berikut beberapa bahayanya yang patut diketahui.

Bahaya Kotoran Cicak Jika Jatuh ke Makanan dan Terkonsumsi

Salah satu penelitian soal keracunan makanan menunjukkan hasil cukup mencengangkan bahwa sebanyak 30% kasus keracunan makanan bukanlah berasal dari makanan berpengawet atau kadaluarsa, yakni berasal dari kotoran binatang yang menempel pada makanan yang dikonsumsi, salah satunya tentu saja cicak.

Kotoran cicak, khususnya, ternyata mengandung Bakteri Escherichia Coli yang termasuk pada golongan mikroba berbahaya penyebab sakit perut dan keracunan yang serius. Oleh karena itu, interaksi makanan dengan kotoran cicak ini sangatlah harus dihindarkan. Terutama bagi anak, kasus keracunan akibat bakteri ini bukan sekali dua kali terjadi. Oleh karena itu, mulai saat ini sebaiknya para ibu lebih memerhatikan kebersihan makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga khususnya untuk anak dari kotoran cicak.

Cara Meminimalisir Bahaya Kotoran Cicak

Setelah mengetahui seberapa bahayanya kotoran cicak, maka tentu saja harus segera memulai tindakan guna menghindari, menjauhkan bahkan hingga memastikan tidak adanya lagi kontaminasi kotoran cicak di rumah kita terutama pada makanan yang dikonsumsi.

Bahaya Kotoran Cicak

Berikut beberapa tips menghindari cicak dan kotorannya di rumah.

 1. Simpan Makanan di Tempat Aman dan Rapat

Pastikan makanan yang akan dikonsumsi keluarga tersimpan rapat sehingga tidak memungkinkan kotoran cicak masuk apalagi dengan cicaknya. Kini banyak peralatan rumah dengan kualitas baik yang menjamin rapatnya tutup yang terpasang.

 2. Hindari Kebiasaan Buruk Menyisakan Makanan di Piring

Tindakan paling baik adalah dengan tidak menyisakan makanan. Namun jika sudah terlanjur bersisa maka sebaiknya segera dibuang agar tidak memancing cicak mendekat dan menikmati sisanya kemudian sekalian membuang kotoran di sana.

 3. Cuci Piring Segera, Jangan Ditumpuk

Meskipun tidak ada sisa makanan di piring, namun sisa bumbu atau rempah lainnya pada peralatan makan masih tetap saja memancing cicak untuk datang dan ikut mencicipinya. Oleh karena itu akan lebih baik jika tidak ada lagi tumpukan piring dan gelas kotor di dapur dengan segera mencucinya setelah menggunakannya.

 4. Kurangi Serangga

Makanannya cicak adalah serangga, maka ia akan datang ke mana banyak makannya berada. Jika bisa meminimalisir serangga di sekitar maka tentu saja hal ini juga akan meminimalisir datangnya cicak ke rumah kita. Salah satu cara meminimalisirnya tentu saja bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan agar makanan favorit cicak, si nyamuk nakal, tidak lagi memancing sang pemangsa untuk datang.

 Itulah beberapa tips untuk menghindari bahaya kotoran cicak bagi kesehatan. semoga bermanfaat.

 

Info Berkaitan Dengan : Bahaya Kotoran Cicak, kita harus waspada

bahaya cicak,cicak,cara menangkal cicak jatuh ditangan,bahaya kotoran cicak pada gadget,bahaya kotoran cicak,terlanjur memakan tai cicak,bahata kotoran cicak,bagaimana cara mengatasi kalau sudah terlanjur memakan cicak,akibat memakan kotoran cicak,akibat makan makanan yg terdapat taik cicak