Bahaya Facebook Untuk Keharmonisan Rumah Tangga

Media sosial baik facebook atau yang lainnya mempunyai dua sisi yang tidak bisa dihindari oleh para penggunanya. Satu sisi facebook memiliki banyak manfaat dan di sisi yang lain bahaya facebook bisa membawa pada kondisi kehidupan yang buruk. Bahkan ketika kita tidak mampu menyikapi dengan bijak, penggunaan media sosial seperti facebook ternyata dapat merusak keharmonisan rumah tangga.

Pada sebuah studi oleh American Academy of Matrimonial Lawyers, mendapatkan fakta bahwa di Amerika Serikat perceraian akibat media sosial meningkat sebanyak 80 persen. Sementara di Indonesia sendiri, angka perceraian dengan alasan yang berkaitan media sosial ternyata juga meningkat setiap tahunnya. Bahkan pada awal tahun 2013 di Probolinggo muncul kasus perceraian karena facebook. Oleh karena itu bahaya facebook untuk keharmonisan rumah tangga dapat saja terjadi pada siapapun jika kita kurang bijak.




Bahaya facebook

Bahaya facebook

Bahaya facebook yang harus kita tahu

1. Bahaya facebook jika berlama-lama dari pada dengan keluarga




Nah apakah Anda suka berlama-lama dengan media sosial dari pada suami/istri atau anak-anak? Dan apakah Anda lebih asyik update status facebook dari pada update kabar suami/istri atau kondisi anak-anak di sekolah? Jika iya maka Anda sedang merusak keharmonisan rumah tangga Anda sendiri.

Ketika Anda lebih sibuk dengan media sosial maka besar kemungkinan pasangan Anda atau anak Anda akan merasa dicuekin dan merasa tidak dihargai atau dibutuhkan lagi.



2. Bahaya facebook sebagai sarana membangun kemesraan dengan orang lain

Keharmonisan rumah tangga kita juga dapat berantakan gara-gara media sosial seperti facebook dan kawan-kawannya. Ketika seorang suami/istri memanfaatkan media sosial untuk mendekati orang lain, apa lagi sampai mengumbar kemesraan meskipun niatnya sekedar berteman maka akan mengundang kecemburuan dari pasangan kita.



3. Bahaya facebook jika menyebabkan jarang komunikasi dengan pasangan

Dengan kecanggihan dan maraknya handphone pintar membuat media sosial semakin mudah untuk diakses. Bahayanya, sebagian besar orang kecanduan media sosial dan bahkan sampai mengabaikan komunikasi dengan suami/istrinya.

Bahkan sering terjadi dalam realita kehidupan masa kini dimana seorang suami duduk bersama dengan istrinya dalam satu ruangan, berhadap-hadapan tetapi sang suami tidak menghiraukan istrinya yang sedang berbicara, ia lebih sibuk dan asyik mengupdate status facebook dengan smartphonenya. Hal ini dapat membuat istri tersinggung, merasa tidak dihargai lagi dn merasa tidak dicintainya lagi. Kondisi demikian itu sangat buruk dan kalaupun sang istri tidak melawan, sesungguhnya ia sangat terluka hatinya dan cintanya akan terkikis. Jika terus dibiasakan, maka hal ini dapat merenggangkan hubungan suami istri dan akan sangat mengganggu keharmonisan rumah tangga.

4. Bahaya facebook sebagai sarana mengumbar aib rumah tangga

Keharmonisan rumah tangga kita juga bisa rusak ketika suami/istri mengumbar aib atau masalah rumah tangga di media sosial. Di facebook atau twitter hal tersebut dapat dengan mudah kita temukan. Contohnya, seorang istri/suami yang membagikan link suatu berita sambil memberikan catatan yang mengumbar aib pasangannya.

Mungkin sebagian orang menganggap hal demikian sepele namun, pasti tidak ada suami/istri yang suka aibnya dibuka di depan publik. Apalagi oleh istri/suaminya sendiri. Suami/istri bisa saja marah karena merasa dilecehkan dan bisa saja terjadi perang dunia ketiga dalam kehidupan rumah tangga. Dan mungkin saja akan terjadi hal yang lebih parah, jika kemudian endingnya terjadi perceraian.

Demikian beberapa bahaya facebook yang dapat merusak keharmonis rumah tangga seseorang dan mungkin akan banyak lagi bahaya facebook yang lainnya.

 

 

 




Info Seputar : Bahaya Facebook Untuk Keharmonisan Rumah Tangga
bahaya facebook bagi rumah tangga,dampak negatif facebook bagi ibu rumah tangga