Bahaya Behel Murah yang Dipasang Oleh Tukang Gigi

Setelah behel atau kawat gigi jadi tren fashion, banyak remaja yang tak peduli dengan bahaya behel palsu dan murah yang bisa terjadi. Memang behel sejatinya digunakan untuk merapikan gigi, melalui proses yang tidak mudah dan sangat rumit karena harus memperhitungan susunan gigi, merawat gigi yang rusak terlebih dahulu, menghilangkan karang gigi dan lain sebagainya. Belum lagi jika pasien memiliki gigi palsu, ada beberapa prosedur yang harus dijalankan supaya pemasangan behel bisa efektif dan tidak menimbulkan masalah baru. Karena rumitnya prosedur pemasangan behel, itulah mengapa biaya yang dipatok untuk memasang behel atas dan bawah itu lumayan menguras dompet.

Karena sekarang behel malah menjadi tren fashion, akhirnya makin banyak pasien yang mengantri untuk memasang behel, tak peduli apakah gigi mereka memang benar-benar berantakan atau hanya sekadar fashion belaka. Karena memasnag behel di dokter gigi itu tidak murah, apalagi prosedurnya yang berbelit-belit dan harus cek rutin dalam jangka waktu tertentu, akhirnya masyarakat memilih untuk memasang behel di tempat yang menyediakan jasa cepat dan harga yang miring, tukang gigi.

Bahaya Behel Palsu dan Murah

Tukang gigi sejatinya adalah orang yang memiliki keahlian untuk membuat gigi palsu dan beberapa tugas lainnya sesuai dengan pembekalan tukang yang mereka ikuti, mencabut gigi dan melakukan pembedahan saja sudah dilarang keras (karena bukan keahlian mereka dan butuh surat izin praktek dari PDGI untuk melakukan kegiatan tersebut), apalagi jika memasang behel yang notabene hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi.

bahaya behel murah

Bahaya behel murahan

Lalu apa saja bahaya dari behel murah yang dipasang oleh tukang gigi?

1. Pemasangan yang asal-asalan. Beda halnya dengan memasang behel di dokter gigi, pemasangan behel di tukang gigi (atau bahkan oleh mbak-mbak olshop behel) adalah sangat berbahaya. Pemasangan behel di tukang gigi sembarangan dan melewatkan prosedur penting seperti rontgen gigi dan mengecek kondisi gigi secara teliti.

2. Gigi berisiko goyah dan terjadi radang gusi. Banyak kasus yang muncul dari pemasangan behel palsu, diantaranya yang paling ekstrim adalah gigi yang menekuk ke dalam akibat pemasangan behel sembarangan dan tarikannya terlalu kuat, ada juga yang membuat seluruh giginya goyang dan tak mungkin kembali seperti semula.

3. Mempengaruhi proses menggigit makanan. Pemasangan behel yang asal akan menyebabkan pergeseran gigi pada rahang atas dan rahang bawah yang mengakibatkan proses penggigitan yang tak sempurna.

4. Kerusakan mulut dan bentuk muka yang berubah akibat pemasangan behel yang tak disesuaikan dengan kontur muka dan mulut.

Cara Menghindari Bahaya Behel

Jangan pernah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh tukang gigi, apalagi oleh online shop yang menyediakan behel fashion yang bisa dibongkar pasang. Baik itu behel murah yang dipasang tukang gigi, maupun behel fashion yang bahannya kawat untuk prakarya, semuanya berbahaya untuk kesehatan gigi dan mulut.

Jadi alangkah lebih baiknya jika kita mempercayakan kondisi gigi dan mulut pada pihak medis yang kompeten di bidangnya. Jika berkonsultasi dan merawat gigi ke dokter gigi dirasa mahal, maka kita bisa ke Puskesmas dan memeriksakan kondisi gigi disana. Tetapi jika memiliki BPJS, maka biaya untuk merawat gigi akan lebih ringan dan bahkan untuk memasang behel pun tak perlu lagi mengeluarkan biaya yang ‘wah’. Menggunakan jasa dokter gigi bukan hanya menjamin pemasangan behel yang aman dan steril, namun juga memastikan gigi jadi rapi dan sehat tanpa ada bahaya behel yang mengintai.

Jangan Lupa baca juga:

Bahaya Bulu kucing untuk kesehatan
Bahaya Kopi untuk kesehatan
Bahaya Ibu hamil minum es

Info Berkaitan Dengan : Bahaya Behel Murah yang Dipasang Oleh Tukang Gigi

bahaya behel murahan, bahaya behel,akibat memakai behel palsu,behel murahan,bahaya memakai behel murah,harga behel palsu,akibat gigi behel,bahaya behel palsu,behel palsu,bahaya behel fashion,akibat pasang behel di tukang gigi